Ramalan Gempa Megathrust Jawa

Agustus 13, 2024

 

BMKG memberi peringatan akan terjadinya gempa megathrust di pulau Jawa, gempa megathrust adalah sebuah pertemuan antar lempeng tektonik bumi dimana pertemuannya tersebut akan memicu gempa dengan kekuatan gempa yang besar dan berpotensi akan terjadinya tsunami. Adapun prediksi yang beredar bahwa kekuatan gempa tersebut akan berkuatan hampir Magnitudo 9. Yang dapat menimbulkan tsunami setinggi 34 meter, hal tersebut melebihi tsunami aceh pada 2004 lalu.


Daerah yang akan terdampak dari kekuatan gempa ini adalah di hampir keseluruhan pulau Jawa, namun diperkirakan akan terasa kuat di Jawa Barat. Lalu yang juga sangat terasa di Jawa Tengah dan Jawa Timur. daerah selatan pulau jawa dan bagian tenggara pulau sumatra diketahui memiliki lempengan yang aktif akibat pertemuan lempeng Indo-Australia dan subduksi di bawah lempeng Sunda.

 

Namun, hal ini tentu saja tidak bisa dipastikan kapan akan terjadi hanya saja BMKG memperingatkan pentingnya mitigasi bencana untuk area pulau Jawa di bagian bawah selatan bagian barat termasuk juga daerah pesisir Banten. Beberapa netizen di social media juga mengaitkan ini dengan dengan ramalan Jayabaya ribuan tahun lalu yang memprediksi bahwa pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian. Wallahualam.

Diberdayakan oleh Blogger.