Investasi Bagi Pemula Dan Cara Beli Saham Online

April 27, 2024

 

Investasi Bagi Pemula Dan Cara Beli Saham Online - Disini Cara beli saham online untuk pemula bisa menerapkan 3 strategi saat membeli saham. Sedangkan saat menjual saham, Anda harus memperhatikan waktu yang tepat. Dana yang dibutuhkan untuk investasi saham juga tidak harus besar, bahkan hanya Rp. 100.000 per bulan.


Sedangkan keuntungan dari saham cukup menggiurkan. Jika Anda berhati-hati, kekayaan investor saham bisa meningkat berkali-kali lipat dalam waktu singkat. Namun, untuk mendapat untung banyak dari jual beli saham dalam waktu singkat, risikonya juga besar.


Uang dalam jumlah besar bisa tiba-tiba menguap jika keputusan yang diambil salah. Oleh karena itu, pemula dianjurkan untuk memilih investasi saham dalam jangka panjang. Sebab, lebih aman dari segi resiko kerugian dan tetap menjanjikan keuntungan yang besar.

 

Baca juga : Cara Investasi Dollar Untuk Pemula


Cara Beli Saham Online
Saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan dan menjadi tuntutan atas penghasilan dan kekayaan perusahaan. Banyak orang menjadikan saham sebagai instrumen investasi karena terbukti memberikan tingkat keuntungan yang menarik. 


Bursa Efek Indonesia (BEI) merupakan salah satu lembaga di pasar modal yang menjadi tempat bagi investor untuk melakukan jual beli saham atau surat berharga. Sedangkan unit pembelian saham adalah 1 lot (100 saham). Keuntungan dari saham dibagi menjadi 2 jenis.


Pertama, deviden atau pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham. Untuk mendapatkan dividen, investor harus memegang saham dalam jangka waktu yang lama untuk jangka waktu tertentu. Kedua, keuntungan saham juga dapat diperoleh dari capital gain atau selisih nilai transaksi jual beli saham. 

 

Baca juga : Aplikasi Investasi Untuk Pemula


Seperti halnya jenis investasi lainnya, saham juga memiliki risiko kerugian. Ada dua jenis risiko dalam investasi saham. Investor bisa merugi jika menjual saham saat nilainya turun hingga lebih rendah dari harga beli. Risiko kedua adalah likuidasi yang timbul ketika perusahaan dinyatakan pailit oleh pengadilan, atau dibubarkan. Berikut langkah-langkah investasi pemula:


Siapkan Cold Funds Investor pemula disarankan untuk menyiapkan modal saham dari dana pribadi yang tidak terpakai alias idle money atau dana dingin. Jadi, modal bukan dari dana untuk kebutuhan pokok. Pembukaan Rekening Efek Rekening Efek adalah rekening untuk transaksi jual beli Efek yang dibayar atau diterima secara tunai pada saat jatuh tempo. Untuk membuka rekening efek, investor dapat mendatangi perusahaan efek. 


Saat akan membuat rekening efek, calon investor perlu membawa fotokopi KTP, NPWP dan halaman depan buku tabungan serta menyiapkan minimal 2 lembar materai Rp 6000. Setelah itu, calon investor harus menyetor dana ke rekeningnya. Setiap perusahaan efek memiliki ketentuan yang berbeda mengenai nilai simpanan dana investasi saham. 

 

Baca juga : Game Ular Yang Bisa Dimainkan Offline


Dengan memiliki rekening efek, investor bisa langsung mulai jual beli saham, termasuk yang dilakukan secara online. Investor pemula dapat mengikuti program Ayo Menabung Saham yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), OJK, KPEI dan KSEI. Daftar perusahaan sekuritas yang jasanya dapat digunakan oleh investor pemula untuk menyimpan saham dapat dilihat dengan mengklik link ini.


Transaksi Saham Untuk membeli saham, investor harus menyiapkan dana sesuai harga saham dan membayar biaya transaksi kepada perusahaan efek. Dalam penjualan saham, nilai dana yang diperoleh investor sesuai dengan harga jual saham dikurangi biaya transaksi dan pajak penghasilan. Biaya transaksi

 
Cara Beli Saham Pemula
Pendiri penyedia informasi keuangan, Big Alpha Indonesia, Tirta Prayudha pernah berbagi tips untuk investor dalam investasi saham atau investasi reksadana. Pertama, membeli saham perusahaan yang produknya digunakan investor. Tujuannya agar investor mengetahui kinerja perusahaan. Kedua, jangan terlalu sering melihat pergerakan harga saham agar tidak menjadi beban psikologis. Ketiga, mulai dari yang kecil. Beli saham tidak perlu modal besar.


Demikian penjelasan  tentang investasi bagi pemula dan Cara Beli Saham Online semoga kamu bisa cuan besar dengan jeli melihat kesempatan beli-jual saham di bursa.


Diberdayakan oleh Blogger.