Cara Mengubah Bahasa di Google Classroom

November 22, 2022

 


Sejak mulai merebak nya pandemic covid-19, pengguna Google Classroom di seluruh dunia semakin meningkat. Google Classroom di setting menggunakan bahasa Inggris. Namun tidak semua orang paham bahasa Inggris. Oleh karena itu pengguna perlu memahami cara mengubah bahasa di Google Classroom.


Untuk dapat menjangkau semua pengguna yang memiliki ragam bahasa, Google pun menyediakan untuk fitur setting Bahasa ini. Sehingga penggunanya dapat mengatur bahasa dengan bahasa yang dipahami. Untuk penjelasan nya, mari simak pemaparan di bawah ini.


1. Cara Mengubah Bahasa Di Google Classroom Menggunakan Perangkat PC
Bagi pengguna yang ingin mengubah bahasa di Google Classroom dapat menggunakan PC untuk merubah nya. Caranya cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri. Berikut ini langkah-langkah mengubahnya:


●    Pertama-tama buka akun Google terlebih dahulu di PC yang digunakan. Karena Google Classroom berada dibawah naungan Google, sehingga seluruh pengaturan akun akan terpusat pada satu akun di Google.
●    Jika sudah masuk pada akun Google, maka selanjutnya cari menu “Data & Personalization” dan buka menu tersebut.
●    Kemudian cari dan pilih menu “General Preference for The Web”. Dalam menu ini akan ada banyak menu pengaturan termasuk Bahasa.
●    Setelah itu pilih menu “Language”. Dalam menu bahasa itu yang menjadi Default Language adalah Bahasa Inggris.
●    Selanjutnya tekan tombol “Edit”.
●    Disana akan ada banyak pilihan bahasa yang dapat digunakan, kemudian pilihlah bahasa yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah maka klik tombol “Select”. Disini pengguna dapat memilih beberapa bahasa yang ingin digunakan dengan cara tekan tombol “Tambahkan Bahasa Lain”.
●    Tunggu beberapa saat hingga proses loading nya selesai.
●    Jika sudah selesai maka bahasa utama di Google Classroom akan terganti menjadi bahasa yang diinginkan.


2. Cara Mengubah Bahasa Di Google Classroom Menggunakan Perangkat HP
Saat ini orang-orang lebih gemar menggunakan HP untuk membuka Google Classroom karena lebih praktis. Sehingga pengubah penggunaan bahasa di Google Classroom dapat dilakukan dengan menggunakan HP. Berikut ini cara mengubahnya:
●    Pertama-tama bukalah akun Google menggunakan browser. Pengguna HP bija juga membukanya melalui aplikasi Gmail atau aplikasi google lainnya yang ada di HP yang sedang digunakan.
●    Kemudian buka profil akun dengan meng klik foto avatar yang ada di pojok kanan aplikasi Gmail.
●    Setelah itu pilih menu “Manage Your Google Account”, maka pengguna akan diarahkan pada halaman pengaturan Google.
●    Selanjutnya klik menu “Data & Personalization”.
●    Kemudian pada menu Data & Personalization carilah menu “General Preference for The Web” lalu klik saja.
●    Nah dalam menu ini akan tercantum berbagai opsi pengaturan akun google termasuk pengaturan Bahasa.
●    Lalu pilihlah menu “Language”. Dan pada menu Language ini akan terlihat bahwa Default Language utama akun Google adalah Bahasa Inggris.
●    Untuk mengubah bahasa maka klik opsi “Edit”, maka akan muncul beberapa pilihan bahasa yang dapat dipilih.
●    Silahkan langsung pilih Bahasa sesuai dengan keinginan, lalu klik “Pilih” maka dengan begitu bahasa akun Google Classroom akan berubah berdasarkan bahasa yang telah dipilih tadi.
●    Pengguna dapat memilih lebih dari 1 dengan meng klik “Tambahkan Bahasa Lain”, dan langsung saja pilih beberapa bahasa yang diinginkan.
●    Selesai.
Demikianlah penjelasan mengenai cara mengubah bahasa di Google Classroom. Cara mengubahnya cukup mudah dan dapat dilakukan menggunakan perangkat PC, dan juga dapat menggunakan perangkat HP agar lebih mudah dan praktis.

Diberdayakan oleh Blogger.