Budidaya Ikan Mas Koki

November 03, 2022


 

Satu Contoh ikan hias yang tidak sedikit penggemarnya yaitu ikan mas koki. Selain warnanya cantik, bentuknya juga unik. Jadi tak heran jika di negara indonesia banyak orang yang melakukan budidaya ikan mas koki sebagai hobi dan peluang usaha. Karena ikan ini mempunyai peluang bisnis yang menjanjikan

.
Hal itu dikarenakan, ikan koki sangat populer dan banyak peminat dan harganya juga lumayan lambung tinggi serta grafiknya stabil. Jadi bila seseorang menyediakan dalam jumlah banyak pastilah dapat menghasilkan pemasukan yang cukup untuk kantong. Adapun cara untuk budidaya ikan ini bagi pemula yaitu sebagai berikut:

 

1. Siapkan Modal
Hal yang paling utama jika seseorang ingin membuka peluang budidaya ikan yaitu siapkan modal. Sebab jika seseorang tidak memiliki modal maka hanya bisa berencana tanpa adanya realisasi. Jadi modal harus tersedia terlebih dahulu untuk keperluan budidaya ikan mas koki ini.
 

2. Sediakan Lahan
Tahap berikutnya untuk budidaya ikan adalah menyediakan lahan untuk menampung bibit ikan yang akan dibudidayakan. Untuk kolam ikan mas koki yang standar itu ukurannya bekisar 80x40x40 centimeter. Ukuran segitu diharapkan pemilik dapat memantau perkembangan dengan leluasa.
 

3. Pilih Jenis Ikan Mas Koki
Selanjutnya jika lahan sudah tersedia, silahkan menentukan jenis ikan mas koki yang akan dibudidayakan. Sebab ikan iki memiliki beberapa jenis yang terkadang orang tidak menyadarinya. Untuk jenisnya sendiri, ikan mas koki memiliki tiga jenis yaitu mata balon, dan juga kalio.
 

4. Pilih Indukkan Ikan
Jika seseorang sudah menentukan jenis ikan yang akan dibudidayakan, selanjutnya pilih indukan ikan. Hal ini bertujuan agar dapat membantu perkemnagbiakan ikan yang dibudidaya semakin maksimal hasilnya. Oleh karena itu, seseorang harus memilih indukan dengan baik. Adapun tips untuk memilih indukan yaitu:
●    Pilih ikan yang agresif atau banyak gerak dan tidak loyo di dalam akuarium
●    Pastikan warna ikan tersebut cerah dan tidak terdapat luka di tubuhnya
●    Lihat fisik ikan dan pastikan tidak ada yang cacat
●    Tanyakan apakah ikan sedang terjangkit penyakit atau tidak
 

5. Proses Mengawinkan Indukan Ikan
Tahapan berikutnya yaitu proses mengawinkan indukan ikan antara yang betina dan jantan. Dalam proses ini, silahkan letakkan sepasang indukan kedalam tempat yang sama. Untuk cara lebih jelasnya sebagai berikut:
●    Silahkan letakkan sepasang indukan di akuarium atau kolam
●    Beri tanaman (bisa eceng gondok) pada tempat ikan yang dikawinkan dengan tujuan untuk tempat sembunyi dan juga meletakkan telurnya
●    Saat sudah memulai perkawinan biasanya air yang awalnya jernih akan berubah agak putih. Hal itu dikarenakan sperma induk jantan yang keluar.
●    Dalam proses pembuahan dan juga bertelur itu biasanya hanya memerlukan beberapa jam saja, jadi jika dirasa induk sudah tenang, silahkan pindahkan ke tempat lain agar para telur tidak dimakan.
 

6. Perawatan Anakan
Telur-telur yang sudah dibuahi, biasanya akan menetas selang dua sampai empat hari. Jika telah menetas, jangan memberinya makan terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan ikan memiliki cadangan makanan sekitar tiga hingga empat hari. Setelah itu barulah beri makan kuning telur yang sudah direbus.
Baru empat belas hari kemudian anak-anak ikan mas koki tersebut bisa diberi cacing sebagai makanannya. dan pastikan kondisi air untuk anakan ikan harus selalu bersih. Dikarenakan ikan-ikan kecil tersebut keadaannya masih sensitif.
 

7. Masa Panen
Tahap terakhir yaitu masa panen. Para pembudidaya bisa memanen ikan mas koki setelah tiga hingga empat bulan kemudian dengan berat ikan berkisar empat sampai enam ratus gram. Pembudidaya bisa menjual ikan-ikan tersebut ke pengepul untuk di jajakan kepada masyarakat pecinta ikan hias.

 

Nah itulah tadi cara untuk budidaya ikan mas koki bagi pemula dengan baik dan benar. Agar dapat menghasilkan pemasukan yang lumayan tinggi. Dan juga sekalian menyalurkan hobi bagi pecinta ikan hias yang satu ini.

 


Diberdayakan oleh Blogger.