6 Trik Ternak Ayam Jago Kampung

November 08, 2022

 

Ide berbisnis ternak ayam jago kampung menjadi suatu alternatif yang sangat efektif di masa seperti sekarang ini. Kebutuhan akan pangan ayam tidak akan pernah turun dan akan terus mendapatkan banyak permintaan dari pasar.


Bagi masyarakat yang tertarik untuk membuat bisnis ternak ayam jenis jago kampung, maka dapat mengikuti 6 trik di bawah ini. Hal tersebut agar proses bisnis penjualan lebih efektif dan terus mendapatkan keuntungan yang besar.


1. Mempersiapkan Kandang atau Tanah yang Luas
Trik pertama di dalam membuat bisnis ternak, masyarakat harus mempersiapkan kandang atau tanah yang cukup luas untuk proses pengembangbiakan ternak. Di dalam proses pertama ini, penternak harus mengetahui metode apa yang ingin dipakai ketika mengembangkan ternak ayam jago.


Terdapat 2 metode umum yang sering dipakai, yaitu metode umbaran dan metode semi intensif. Metode umbaran berarti membiarkan ayam jago kampung untuk bebas berkeliaran di pekarangan. Lalu, metode semi intensif yang membutuhkan kandang dan membatasi ruang gerak ayam jago.


2. Memilih Induk Ayam Jago Kampung
Jika masyarakat sudah menentukan metode apa yang akan dipakai dan mempersiapkan tempat untuk kembang biak. Maka trik selanjutnya adalah memilih induk ayam kampung. Di dalam memilih induk ayam jago kampung, terdapat beberapa syarat yang harus diperhatikan, yaitu:


●    Induk jantan yang aktif, tidak cacat, sehat dan berkokok lantang.
●    Beberapa induk betina yang sehat, tidak cacat dan aktif sebagai pendamping induk jantan.
●    Menyiapkan kedua induk di dalam satu tempat.
●    Pastikan kedua jenis induk memiliki bulu dan kulit yang sehat dan mengkilap.


3. Mengawinkan Ayam Jago Kampung
Setelah kedua induk telah dipilih, maka langkah ternak ayam jago kampung selanjutnya adalah mengawinkan kedua jenis induk ayam jago kampung tersebut. Beberapa hal yang harus diketahui oleh peternak bahwa proses perkawinan membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga harus bersabar.


Hal terpenting yang harus dilakukan adalah memberikan waktu untuk adaptasi, memberikan pakan tambahan dan terbaik bagi induk jantan maupun betina. Salah satu indikator perkawinan indukan berhasil adalah ketika induk betina terus berkokok.


4. Memproses Hasil Telur Ayam Jago Kampung
Ketika proses perkawinan berhasil, induk ayam jago kampung betina akan bertelur sebanyak 5-14 butir. Ayam jago kampung membutuhkan waktu dari 14 hari sampai 20 hari untuk bertelur. Peternak wajib menyiapkan tempat berbentuk kotak sebagai tempat inkubator telur ayam jago kampung.


Peternak dapat membuat kotak yang proporsional, seperti terbuat dari kardus. Lalu, berikan lampu bohlam 10 watt sebagai alat untuk menghangatkan telur. Persiapkan juga kain atau alas yang lembut dan pastikan agar telur tidak jatuh menggelinding.


5. Memilih Pakan Terbaik
Bagi peternak, untuk urusan pakan ayam jago kampung sangat mudah untuk dicari. Namun, bukan berarti tidak memberikan nutrisi yang baik. Karena untuk menghasilkan daging terbaik, maka jenis pakan yang diberikan juga harus jenis terbaik dan berkualitas.


Peternak dapat memilih pakan pur atau berbagai jenis makanan alami, seperti dedak, dedaunan dan lain-lain. Jika menggunakan pakan yang instan atau pur, maka peternak harus memberikan pakan kurang lebih 3 kali sehari. Pakan alami dapat diberikan jika ternak sudah menginjak dewasa.


6. Menjaga Kebersihan Tempat
Hal terakhir yang menjadi trik agar ternak ayam jenis jago kampung adalah menjaga kebersihan tempat. Hal tersebut karena dalam berbisnis ternak, kesehatan hasil ternak adalah hal paling utama. Maka dari itu, pastikan kandang dibersihkan minimal seminggu 3 kali.


Kotoran ayam dapat menjadi sumber penyakit dan bau, maka dari itu harus diperhatikan secara teliti. Tujuannya agar ayam jago kampung yang akan diperjualbelikan adalah ayam jago yang gemuk, sehat dan tentu tidak berbau.


Itulah 6 trik ternak ayam jago kampung agar dapat berhasil dalam menghasilkan daging ayam yang sehat dan bersih. Hal tersebut dapat mempengaruhi omset penjualan di pasar, yang mana tentu para pembeli lebih tertarik ayam jago kampung yang sehat dan gemuk serta memiliki telur berkualitas.

Diberdayakan oleh Blogger.