6 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

November 07, 2022

 


Pohon Pepaya selain dimanfaatkan buahnya sebagai makanan pencuci mulut, nyatanya beberapa orang memanfaatkan daunnya untuk menjadi olahan makanan tertentu. Walaupun, daun pepaya cenderung pahit namun ternyata ada banyak manfaat daun pepaya bagi kesehatan. Apa saja itu? Simak uraiannya berikut:


1. Menurunkan Gula Darah
Untuk manfaat daun pepaya bagi kesehatan yang pertama adalah bisa digunakan untuk penurunan gula darah alias bisa untuk obat diabetes melitus. Hal ini terjadi karena di salah satu kandungan dari daun pepaya adalah memiliki efek antioksidan. 


Sehingga daun pepaya bisa melindungi sel penghasil insulin. Sehingga kerja insulin dalam tubuh juga maksimal. Maka dari itu, daun pepaya bisa menjadi perantara untuk menurunkan gula darah tersebut.


2. Obat Demam Berdarah
Kemudian yang menjadi manfaat daun pepaya bagi kesehatan lainnya adalah bisa dijadikan sebagai obat Demam Berdarah.  Sebagai yang diketahui bahwa orang yang menderita penyakit demam berdarah akan mengalami penurunan trombosit darahnya. 


Sehingga keberadaan obat dari penyakit DB ini harus bisa untuk meningkatkan kembali trombosit darah. Dan faktanya para ahli gizi sepakat bahwa daun pepaya ternyata berkontribusi untuk menaikkan jumlah trombosit dalam darah.

3. Meredakan Nyeri Haid
Biasanya saat sedang menstruasi, salah satu gejala yang umum diderita para wanita adalah nyeri perut. Maka dari itu pembahasan kali ini sangat tepat, dimana ternyata adanya daun Pepaya bisa menjadi salah satu yang berkhasiat untuk meredakan nyeri haid.


Untuk itu, daun pepaya bisa diolah menjadi jus yang ditambahkan dengan beberapa bahan lain seperti garam dan asam jawa dalam kondisi sudah direbus dengan air mendidih terlebih dahulu. Kemudian pengguna bisa meminumnya secara perlahan.
 

4. Melancarkan Pencernaan
Lalu manfaat daun pepaya bagi kesehatan selanjutnya bisa digunakan untuk pelancar pencernaan. Hal ini bisa terjadi sebab dalam kandungan daun pepaya mengandung enzim Chymopapain dan papain. Dimana kedua enzim tersebut akan berperan dalam mencegah sembelit, dan masalah lainnya.


Kemudian bagi yang mengalami permasalah pada lambung bisa dibantu untuk meredakan penyakit tersebut dengan daun pepaya ini. Sebab daun pepaya memiliki antimikroba.
Selain itu daun Pepaya memiliki kandungan enzim amilase dan juga protease. Dimana kedua dari enzim tersebut berperan penting dalam membantu pencernaan protein dan karbohidrat.


5. Membuat Rambut Tumbuh Dengan Subur
Menjadi salah satu yang bisa membuat rambut tumbuh dengan subur adalah Daun Pepaya. Ada penelitian yang mengatakan bahwa ekstrak dari Daun Pepaya ini bisa digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan dari rambut. Sehingga bisa juga untuk mencegah kebotakan.


Selain itu juga mencegah dari permasalah kepala, seperti ketombe dan bisa menghilangkan minyak berlebihan pada bagian kulit kepala. Jadi, bisa dikatakan bahwa jadi kondisioner alami.


6. Mengatasi Jerawat Pada Kulit
Dan manfaat untuk kesehatan yang selanjutnya adalah bisa mengatasi permasalah jerawat. Memang, salah satu permasalahan kulit yang tiada habisnya adalah jerawat. Namun, kali ini pembaca tidak perlu khawatir lagi, pasalnya daun pepaya ternyata berkhasiat untuk penghilang jerawat.


Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan vitamin C dan A yang salah satunya bisa untuk kesehatan kulit. Kemudian antioksidan yang terkandung didalamnya juga bisa menangkal adanya radikal bebas. Sehingga dengan teratur konsumsi Daun Pepaya kulit akan bebas dari jerawat.


Demikian itu beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan yang ternyata banyak sekali. Jadi, tidak hanya enak untuk olahan makanan, namun daunnya juga mengandung banyak gizi yang tentunya baik untuk kesehatan.


Diberdayakan oleh Blogger.