5 Cara Merawat Ikan Koi Di Aquarium Dengan Benar

November 05, 2022

 

Ikan koi merupakan ikan hias yang biasanya dipelihara dalam kolam karena keindahan dari ikan koi terletak pada punggung. Namun tak salah juga jika memelihara ikan koi dalam akuarium. Berikut akan diulas bagaimana cara merawat ikan koi di aquarium untuk dicoba.


Ikan koi termasuk ke dalam jenis ikan mahal, apalagi jika motif yang dimiliki sangat indah. Oleh sebab itu, pengguna juga harus benar-benar memperhatikan bagaimana merawat ikan tersebut. Untuk tahu lebih jelas mengenai pembahasan kali ini, maka simak uraiannya berikut:


1. Menyetup Atau Mempersiapkan Aquarium
Hal pertama yang bisa pengguna lakukan saat akan memelihara ikan koi dalam aquarium adalah dengan menyetup aquarium. Mempersiapkan Aquarium juga perlu kehati-hatian dan persiapan matang. Untuk ikan kecil setidaknya persiapkan volume aquarium 100 liter per ikan. 


Kemudian letakkan aquarium di dalam rumah atau tempat yang diinginkan. Saat akan memasukkan ikan koi, pengguna bisa letakkan plastik wadah ikan tersebut sekitar 10 hingga 20 di atas air. Hal tersebut bertujuan agar ikan mampu menyesuaikan.


Bila sudah, maka pengguna bisa pasang penutup akuarium. Memberikan penutup pada akuarium nantinya akan mengurangi percikan dan juga penguapan air. Hal tersebut juga bisa mencegah ikan yang melompat keluar. Jadi memang harus diberikan tutup.


2. Memasang Filtrasi
Setelah ikan siap di dalam aquarium maka pengguna bisa pasang filtrasi. Alat tersebut sangatlah penting agar air di dalam aquarium untuk menyaring kotoran. Untuk ukurannya sendiri bisa sesuaikan dengan kapasitas atau volume dari aquarium, pengguna bisa persiapkan penyaring yang bagus. 


Menggunakan top filter juga kan mampu membuat percikan atau curahan air di dalam aquarium. Percikan air tersebut nantinya akan membuat kadar oksigen di dalam akuarium bertambah. Selain itu juga akan menciptakan gelembung juga arus dalam aquarium.


3. Menghindari Memberikan Tanaman Air
Pada urutan ketiga mengenai cara merawat ikan koi di aquarium adalah jangan memberikan tanaman air dalam aquarium. Memang dengan menambahkan tanaman, akuarium akan terlihat semakin cantik. Namun bila ikan di dalamnya merupakan ikan koi, maka alangkah baiknya jangan. 


Sebab dengan memberikan tanaman air di dalam aquarium ikan koi, maka tanaman tersebut akan dimakan oleh ikan. Atau setidaknya tanaman akan rusak. Jika seperti itu, maka aquarium akan cepat kotor karena daun yang terkoyak.


4. Mengganti Air
Berikutnya yang perlu pengguna lakukan adalah melakukan penggantian air. Semakin banyak ikan yang dipelihara maka harus semakin sering air diganti. Hal tersebut agar kualitas air dalam aquarium tetap bersih dan jernih. 


Penggantian air ini bisa dilakukan minimal dua minggu sekali. Atau bisa juga diganti seminggu sekali. Namun pengguna jangan menguras air tersebut, sebab pengguna hanya perlu mengganti air dari 20 persen kapasitas akuarium saja. Untuk mencegah perubahan yang ekstrim pada ikan. 


5. Memberikan Pakan
Dalam memelihara hewan hal yang tidak bisa dilupakan adalah memberikan pakan. Untuk pemberian pakan ini alangkah baiknya jangan terlalu banyak, sebab nanti hanya akan membuat ikan sering buang kotoran. Bila sering buang kotoran maka air juga akan cepat kotor.


Pemberian pakan ini hanya perlu 2 atau 3 persen saja dari berat tubuh si ikan. Selain itu memberikan pakan secara berlebihan juga tidak akan membuat pertumbuhan ikan menjadi cepat. Malah hanya akan membuat air aquarium cepat kotor saja. 


Berikut tadi bagaimana cara merawat ikan koi di aquarium yang bisa pengguna terapkan. Untuk mengatur suhu pada aquarium pengguna bisa dengan memasang lampu metal halide sebagai pengganti cahaya matahari. Lampu tersebut bisa dihidupkan selama delapan jam atau 12 jam per harinya.

 

Diberdayakan oleh Blogger.