5 Cara Mengobati Pinggang Sakit Mandiri di Rumah

Oktober 02, 2022

 

Sakit pinggang membuat kegiatan sehari-hari tidak bisa dilakukan seperti biasanya. Biasanya sakit pinggang akan memberikan sensasi rasa nyeri di bagian punggung ke bawah. Meskipun tergolong ringan, namun apabila tidak diobati dengan cara mengobati pinggang sakit yang tepat, sakit bisa semakin parah.


Rasa nyeri di sekitar punggung ke bagian bawah ini disebabkan oleh adanya cedera. Terkadang, nyeri ini bisa memburuk dan membuat pinggang seperti ditusuk-tusuk. Pastikan untuk melakukan cara mengobati pinggang sakit yang tepat berikut ini secara mandiri di rumah saja diantaranya:


1. Kompres Bagian yang Nyeri
Sebab sakit pinggang cukup bervariasi intensitas sakitnya, setiap penderita biasanya mempunyai cara ampuh tersendiri yang sesuai dengan kondisi tubuhnya. Sebaiknya, cara pertama untuk mengobati pinggang sakit yang dicoba ialah memberikan kompres hangat pada bagian yang nyeri.


Tanpa pemeriksaan lebih lanjut tidak akan diketahui tingkat keparahan dari sakit pinggang. Oleh karena itu, cobalah untuk memberikan kompres terlebih dahulu guna meredakan rasa nyeri. Gunakan handuk atau kain beserta air hangat untuk mengompres area pinggang sakit.


Untuk sakit pinggang yang ringan, umumnya cara ini cukup efektif apabila dilakukan secara terus menerus. Namun, untuk sakit pinggang yang lebih berat cara ini bisa membantu meredakan nyeri agar rasa nyeri tidak semakin menjalar ke bagian tubuh lainnya.


2. Berdiri dan Gerakkan Tubuh
Saat pinggang mulai terasa sakit dan nyeri, cobalah untuk mengambil posisi berdiri secara perlahan. Posisikan tubuh dalam posisi yang tegak secara perlahan. Ini dimaksudkan untuk memperbaiki postur tulang maupun otot yang kurang sesuai dan membuat pinggang terasa sakit.


Jika sudah dalam posisi berdiri yang baik, cobalah untuk gerakkan tubuh secara bertahap. Untuk beberapa penderita, menggerakkan bagian tubuh terutama yang sedang sakit cukup sulit. Oleh karena itu, hal ini bisa dimulai dengan melakukan jalan ringan.


3. Lakukan Peregangan Tubuh
Dalam beberapa kasus, sakit pinggang juga bisa disebabkan oleh otot tegang. Untuk kasus dengan penyebab demikian, cara mengobati pinggang sakit yang bisa dilakukan ialah melakukan peregangan tubuh. Kasus dengan penyebab otot tegang terbilang cukup umum sehingga bisa sakit bisa membaik usai melakukan peregangan.


4. Gunakan Koyo
Ada kalanya kompres dan cara lainnya di atas kurang efektif bekerja mengobati pinggang sakit. Apabila rasa nyeri terus berlarut-larut, terutama pada saat malam hari, disarankan untuk menggunakan koyo.


Meski hanya memberikan rasa hangat, namun koyo cukup efektif untuk menyembuhkan sakit pinggang dalam beberapa kasus. Pastikan untuk menggunakan koyo yang tepat. 


Apabila penderita belum pernah menggunakan koyo dan kurang bisa mentoleransi panasnya, gunakan koyo biasa saja. Tempelkan koyo pada area yang terasa nyeri. Pemakaian koyo ini pada dasarnya hampir mirip seperti cara kompres.


5. Oleskan Krim Anti Nyeri
Alternatif cara lain untuk mengobati sakit pinggang adalah dengan menggunakan krim anti nyeri oles. Krim ini bisa dibeli di apotek terdekat. Pastikan untuk menggunakan krim anti nyeri dengan kandungan capsaicin yang dapat membantu meredakan rasa nyeri pada area punggung dan pinggang.


Biasanya krim ini akan memberikan sensasi mentol yang membuat kulit dan area yang sakit terasa sejuk. Oleskan secukupnya secara merata pada area yang terasa nyeri. Biarkan krim anti nyeri meresap dan lakukan secara berkala tidak perlu terlalu banyak pengolesan ulang.


Itulah beberapa cara mengobati pinggang sakit yang bisa dilakukan sendiri di rumah saja. Pastikan untuk menjaga pola hidup sehat dan hindari posisi duduk yang salah. Berikan jeda usai duduk dalam waktu lama dengan berjalan-jalan sebentar untuk menghindari otot tegang.


Diberdayakan oleh Blogger.