Usaha Ternak Modal 300 Ribu

September 12, 2022


 

Selain berjualan ternyata membudidayakan hewan bisa menjadi ladang bisnis menjanjikan. Usaha ternak modal 300 ribu bisa menjadi solusi berpotensi untung tinggi dengan budget tipis. Peternak bisa memilih hewan yang tidak susah perawatannya seperti lele, burung puyuh, ayam kampung dan lainnya.


Tidak hanya itu, pakan yang dibutuhkan juga cukup terjangkau dan mudah dicari. Inilah pembahasan selengkapnya tentang pilihan usaha ternak dengan modal terjangkau sebagai berikut:


1. Ternak Lele
Lele dikenal sebagai jenis ikan tawar yang memiliki kandungan gizi tinggi serta enak rasanya. Tidak heran jika lele menjadi primadona, baik untuk dikonsumsi maupun dikembangbiakkan. Jika ingin membudidayakan lele sebenarnya cukup mudah serta tidak terlalu membutuhkan perawatan ekstra.


Alasannya karena lele termasuk jika ikan yang tidak membutuhkan kadar oksigen tinggi untuk bertahan hidup serta tahan terhadap penyakit. Peternak dapat membeli lele dengan modal 300 ribu untuk dibudidayakan. Biasanya jumlah bibit lele dapat mencapai ratusan ekor.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila
 

Apabila lele dipelihara dengan tepat, maka peternak bisa mendapatkan untung yang menjanjikan. Selain itu, konsistensi akan sangat dibutuhkan selama proses pembudidayaan lele.


2. Ternak Ayam Kampung
Usaha ternak modal 300 ribu selanjutnya yaitu ayam kampung. Saat ini konsumsi ayam kampung cukup digemari masyarakat, karena lemak jenuh yang terkandung di dalamnya lebih rendah. Peluang bisa dimanfaatkan dengan mulai membeli ayam kampung indukan lalu dibudidayakan.


Selain itu, peternak perlu menyiapkan halaman serta kandang yang luas. Untuk pakan ternak yang dibutuhkan sebenarnya relatif terjangkau seperti bungkil kacang kedelai, ubi cincang serta jagung giling. Nantinya peternak dapat menjual ayam kampung sekitar 40 ribu per ekor atau kilo.


3. Ternak Itik
Selain ayam kampung, ternak itik bisa menjadi alternatif yang menjanjikan. Peternakbisa membeli sepasang itik terlebih dahulu untuk mulai dikembangbiakkan. Selain itu, peternak dapat menjual telur maupun itik yang sudah dewasa dengan keuntungan yang tinggi.


Biasanya itik betina bisa menghasilkan telur mencapai 20 butir yang dijual kembali sekitar 10 ribu. Itik dewasa dapat dijual kurang lebih seharga 40 ribu. Dengan begitu, omset yang dihasilkan bisa mencapai 200 hingga 800 ribu tiap masa panen.


4. Ternak Burung Puyuh
Burung puyuh ternyata bisa dibudidayakan dengan modal sekitar 300 ribu saja. Peternak dapat membeli bibit unggulan burung puyuh sekitar 7 ribuan. Perawatan dan pemberian pakannya cukup mudah dengan memberikan biji-bijian. Biasanya burung puyuh dipanen selama 40-50 hari setelah bibit dibudidayakan.


5. Ternak Ikan Hias
Menjalankan usaha ternak ikan hias ternyata berpotensi menghasilkan keuntungan tinggi. Ternak ikan hias ini seringkali dijalankan untuk kebutuhan hobi. Jadi, peternak bisa melakukan hal yang disukai sekaligus mendapatkan untung. Terdapat beberapa jenis yang diternakkan seperti manfish, cupang, louhan dan sebagainya.

 Baca Juga : Ternak Ikan Gurame Untuk Pemula


Jika perawatannya tepat tentu akan menghasilkan ikan hias berkualitas bagus. Biasanya ikan dapat dijual hingga jutaan rupiah tergantung jenis serta corak yang dimiliki. Oleh karena itu, peternak harus memperhatikan kondisi tempat, pakan hingga kesehatan ikan.


6. Ternak Ulat Sutra
Ulat sutra umumnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kain serta dikonsumsi untuk kesehatan dan stamina. Peternak bisa mendapatkan kurang lebih ribuan telur untuk dibudidayakan dalam kotak ternak hanya bermodalkan 300 ribu.


Peternak juga perlu menyiapkan daun murbei untuk stok pakan selama satu bulan Satu kotak ulat sutra umumnya menghasilkan kepompong yang dapat dijual mencapai harga 40 ribu per kilo.


Demikian informasi menarik tentang usaha ternak modal 300 ribu. Penting bagi peternak untuk memikirkan luas lahan yang dimiliki sebelum membuka usaha tersebut. Sebaiknya disesuaikan pula dengan jenis hewan yang ingin diternakkan agar lebih maksimal.

Diberdayakan oleh Blogger.