Ternak Modal 1 Juta Bahkan Gratis

September 08, 2022


 

Adakah ternak modal 1 juta? Tentu saja banyak. Berbagai usaha ternak dapat dimulai dengan modal minim asalkan telaten. Meskipun tidak bisa langsung membeli peranakan hewan yang banyak, tetapi justru modal sedikit lebih kecil resikonya. Bahkan banyak pula usaha ternak tanpa modal.


Pasalnya indukan bisa didapatkan dari alam hasil tangkapan seperti ikan, semut, ulat, dan masih banyak usaha ternak lain. Hanya saja, beberapa bahan memang harus dibeli sebagai penangkaran. Apa saja jenis ternak yang bisa dijadikan usaha dengan modal satu juta? Simak rekomendasinya di bawah: 


1. Ternak Ikan Gabus
Ternak modal 1 juta rekomendasi pertama yaitu ikan gabus. Bahkan ada salah satu peternakan di daerah Bantul terbesar di Jogja mendapatkan bibit langsung dari alam. Sekarang sudah bekerjasama dengan banyak perusahaan untuk pemanfaatan minyaknya.


Ternak gabus mempunyai keuntungan yang besar karena banyak yang bisa dijual. Mulai dari bibit unggul, konsumsi serta minyak ikannya. Harga semuanya cukup mahal. Cara merawatnya pun tidak sulit. Air yang diberikan dalam kolam juga tidak perlu banyak seperti ikan pada umumnya.


2. Ternak Lebah Madu Klanceng
Beberapa daerah biasanya lebah madu klanceng membuat sarang di rumah atau kayu. Jenis lebah satu ini tidak terlalu menyengat dan bentuknya sangat kecil. Biasanya memakan sari bunga.
Cara budidayanya cukup dibuatkan beberapa kotak kayu berukuran sedang dengan lubang kecil untuk pintu masuknya. Jika di dekat rumah terdapat pengusaha kayu, bisa memanfaatkan limbahnya untuk membuat sarang. 


Bunga yang ditanam juga bebas jenis apapun. Namun yang dianjurkan seperti matahari atau bunga lain yang banyak sarinya. Harga jual madu klanceng asli di pasaran sangat mahal. Ukuran 135 ml dihargai 70 sampai 85 ribu.


3. Ternak Ayam Petelur
Kebutuhan ayam telur setiap hari semakin meningkat dan harganya semakin tinggi. Mengingat sebagai bahan yang konsumtif, bisnis ini mempunyai peluang besar jika ternak ayam petelur. Modalnya tidak begitu besar yaitu di bawah 1 juta. Hanya saja, ternak ayam tidak bisa sembarangan.


Mengapa demikian? Jika tidak bisa mengelola limbah serta tempat penangkaran yang bersih, maka akan sangat mengganggu tetangga sekitar. Biasanya terdapat banyak sekali lalat serta bau tidak sedap. Usahakan membuat penangkaran modern yang terintegrasi atau memilih lokasi yang jauh dari tempat tinggal.


Ayam petelur juga bisa dimanfaatkan dagingnya untuk dijual bila sudah tidak lagi bisa bertelur. Dengan sistem penangkaran modern memungkinkan pula pelaku usaha untuk menjual kotorannya.


4. Ternak Bebek
Bebek ada yang khusus petelur atau pedaging. Namun keduanya mempunyai daya saing yang sedikit serta harga jualnya yang tinggi. Makanan bebek tidak begitu banyak dibanding ayam. Begitu pula resiko kematiannya.


Jenis usaha ternak satu ini bisa menjadi pilihan terbaik karena modalnya sedikit.Penangkarannya pun tidak seperti ayam. Kandang bebek cukup sederhana tanpa sekat. Makanannya cukup dedak dengan tambahan sayuran beserta keong sawah sesekali.


5. Ternak Semut Kroto
Bingung mau ternak modal minim? Coba cari semut kroto di kebun dekat rumah untuk dijadikan usaha. Semut kroto memiliki daya jual tinggi dengan harga tinggi. Pasalnya biasanya yang membeli kroto para pecinta burung mahal untuk dijadikan pakan. Bisnis ini tergolong mudah dan pesaingnya masih sedikit.


Mau coba bisnis ternak modal 1 juta? Rekomendasi di atas bisa dipilih untuk memulai usaha. Akan lebih besar modalnya jika tidak kreatif dengan membuat sendiri. Oleh karena itu, sebisa mungkin semuanya dikerjakan sendiri agar menurunkan pengeluaran.Ternak tanpa modal atau sedikit biasanya indukan yang berasal dari alam.
 


Diberdayakan oleh Blogger.