Ternak Kambing Modal 5 Juta Dijamin Untung Banyak

September 19, 2022

 

Ternak kambing modal 5 juta mungkin terdengar mustahil. Tetapi memulai usaha ternak kambing memang tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Usaha budidaya kambing merupakan usaha yang banyak diminati terutama menjelang Hari Raya Idul Adha. 


Selain peternak regular, banyak juga yang menjadikan ternak kambing sebagai usaha musiman. Berikut ini ternak kambing yang dijamin akan mendapatkan untung banyak. 


Keuntungan Beternak Kambing
Setiap jenis usaha memiliki kelebihan dan kekurangan. Beternak kambing merupakan salah satu usaha yang membutuhkan ketelatenan dalam merawat ternak peliharaan. Ternak-ternak tersebut tidak dapat dibiarkan walau hanya sehari. Namun walaupun perawatannya harus telaten, ada banyak keuntungan dari menjalankan usaha ini.


1. Berkembang biak Dalam Jangka Waktu Yang Pendek
Beternak kambing termasuk menguntungkan karena hewan ini bisa beranak pinak hanya dalam tempo 1 tahun. Seperti yang diketahui bahwa seekor kambing bisa melahirkan beberapa anak sekaligus. 


Tentu hal ini sangat menguntungkan. Jika dalam 1 tahun seekor induk bisa melahirkan 4 ekor kambing, maka hanya dalam dua tahun saja pemilik ternak mendapatkan delapan ekor kambing dari 1 induk. 


2. Mudah Terjual
Jika pemilik ternak membutuhkan uang dalam waktu cepat, menjual kambing menjadi salah satu solusi cepat.  Kambing-kambing tersebut dapat dijual kepada pengepul dengan harga yang telah disepakati. Apalagi di hari Raya Idul Adha, penjualan kambing bisa meroket. Kambing juga dicari untuk keperluan Aqiqah sehingga pastinya tidak pernah sepi pembeli.


3. Omset Besar Dengan Modal Kecil
Seperti yang telah dipaparkan di atas, ternak kambing modal 5 juta saja sudah bisa berjalan. Asalkan jeli memilih indukan, ternak akan berkembang biak dalam waktu yang cepat.
Dengan modal 5 juta saja, peternak dapat meraup omset yang besar dalam tempo yang cukup cepat. Itulah sebabnya usaha ini dinilai sangat menjanjikan.


4. Kombinasi Usaha
Beternak kambing, bukan hanya menjual hewan ternaknya saja. Bahkan kotoran kambing memiliki nilai jual yang dapat mendatangkan keuntungan. Kotoran kambing banyak dicari untuk digunakan sebagai bahan pupuk kompos. Susu kambing juga bisa menjadi komoditi lain yang menunjang usaha ternak kambing sehingga lebih menguntungkan lagi.


Beternak Kambing Dengan Modal 5 Juta
Memulai usaha ternak kambing tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Dengan uang 5 juta, peternak dapat memulai usahanya. Simak bagaimana cara memulai usaha ternak kambing dengan modal uang 5 juta berikut ini.


1. Pembuatan Kandang
Sebelum mendatangkan hewan ternak, pastikan kandang sudah dipersiapkan dengan baik. Membuat kandang kambing dapat dilakukan dengan mudah. Gunakan potongan kayu atau bambu dan ukurannya disesuaikan dengan banyaknya kambing yang akan menempati kandang tersebut.


Buatlah kandang dengan ukuran yang sesuai, jangan terlalu sempit atau terlalu lapang. Kandang juga harus ada ditempat yang teduh namun memiliki pencahayaan matahari  pagi yang baik. Kebersihan kandang juga harus selalu terjaga agar ternak selalu dalam kondisi sehat.


2. Pemilihan Jenis Kambing Yang Tepat
Jenis kambing di Indonesia sangat banyak. Calon pengusaha ternak kambing harus jeli dalam memilih jenis kambing yang ingin dibudidayakan. Umumnya, jenis kambing peranakan etawa dan kambing kacang menjadi favorit para pengusaha ternak kambing karena perawatannya mudah dan menguntungkan dari segi ekonomis.


3. Pemilihan Bibit Unggul
Setelah memilih jenis kambing yang akan diternak, saat nya pengusaha memilih bibit yang tepat. Pilihlah sepasang kambing jantan dan indukan yang sehat  seharga 5 juta rupiah sepasang. Bibit kambing yang unggul memiliki ciri perawakan yang tegap dan proporsional, gigi yang bagus, jinak dengan dada yang lebar.


4. Gunakan Cara Yang Modern Untuk Beternak
Sebagian besar peternak pemula memulai usaha ternak kambing secara tradisional sehingga hasilnya kurang maksimal. Jika ditekuni dengan sistem yang lebih modern, usaha ternak ini sangat menjanjikan dengan omset yang besar.


Demikian ulasan mengenai ternak kambing modal 5 juta yang dapat menjadi alternatif usaha yang menguntungkan. Jenis usaha apapun, asalkan ditekuni dengan baik dan sabar maka akan berbuah hasil yang manis. Termasuk usaha ternak kambing yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam merawat ternaknya.


Diberdayakan oleh Blogger.