Spek Komputer Game Kurang Dari 10 Juta

September 09, 2022

 


Kini ada banyak game PC populer yang memerlukan spesifikasi tertentu untuk dimainkan, contohnya saja Age of Empires IV dan Resident Evil Village. Mengetahui spek komputer game yang mumpuni dapat membantu pemain untuk menentukan komputer yang tepat agar bermain menjadi lebih seru.


Tidak sedikit sumber mengatakan harga PC spek mumpuni mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Padahal, sebenarnya PC gaming juga bisa didapatkan dengan harga kurang dari 10 juta. Ketahui apa saja komponen spek komputer game 10 jutaan yang anti lemot berikut:


1. CPU
Spesifikasi dari komponen satu ini sangat menentukan performa komputer. Komponen CPU diibaratkan sebagai otak dari komputer. Tentu saja agar komputer bisa bekerja dengan baik dan lancar diperlukan CPU dengan kecerdasan yang tinggi. Dengan tingkat kecerdasan ini, kerja komputer pun akan menjadi cepat.
Untuk kerja yang cepat dan tidak overheat, setidaknya diperlukan komponen CPU keluaran satu sampai tiga tahun dengan Intel Core i5. Harga CPU Intel Core i5 12400F kini sekitar 2,5 juta rupiah. Ini adalah harga yang terjangkau untuk CPU dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga : Game Asyik Untuk Dimainkan Berdua


2. RAM
Kapasitas RAM sebesar 8GB merupakan kapasitas paling minim untuk kegiatan operasional sehari-hari. Sementara itu, spek komputer game yang disarankan minimal memiliki kapasitas sebesar 16GB.
Jumlah ini diperkirakan mampu memuat lebih banyak detail komponen game. Permainan PC populer saat ini memang memiliki kualitas desain yang lebih detail dan gameplay yang responsif.
Dengan bantuan kapasitas RAM yang cukup dan adanya konfigurasi dual channel, bermain game tidak akan terasa lambat. RAM dengan kapasitas 16 GB bisa didapatkan seharga 1 juta rupiah.


3. GPU
Dengan spek CPU dan RAM yang mumpuni, tentu komputer tidak akan bisa menampilkan kualitas grafis yang mendukung apabila tidak menggunakan GPU dengan spek yang sesuai. Komponen ini bekerja untuk memberikan resolusi terbaik dengan ketajaman yang nyaman di mata.
Agar bisa menampilkan game-game terkini dengan tingkat resolusi dan ketajaman yang baik, setidaknya gunakan GPU keluaran satu sampai tiga tahun terakhir. Salah satu rekomendasi terbaiknya bisa dengan menggunakan GPU Geforce GTX 1050 Ti GDDR5, sekitar 3 jutaan.


4. SSD
Penggunaan harddisk kini kurang efektif untuk keperluan komputer gaming. Disarankan untuk menggunakan SSD sebagai komponen penyimpanan. Tentu saja harganya lebih mahal dibandingkan hardisk. Untuk kapasitas 512 GB dibanderol sekitar 1 jutaan. Namun, performa yang akan diberikan juga sebanding dengan harga ini.


5. OS Windows
Kebanyakan game komputer saat ini diproduksi untuk sistem operasi Windows. Inilah alasan mengapa sistem operasi Windows menjadi salah satu komponen dari spek komputer game terbaik.
Setidaknya, OS yang disarankan ialah Windows 10-64 bit. Harga lisensi OS ini berkisar antara 2,5 sampai 3 juta rupiah.


6. Komponen Pelengkap Lain
Meski GPU, CPU, RAM, dan sistem operasi sering disebut sebagai komponen utama PC gaming, keempat komponen tersebut masih memerlukan komponen pelengkap lainnya agar bekerja optimal. Gunakan monitor dengan resolusi HD untuk dukungan tampilan terbaik.


Selain itu, lengkapi juga komponen-komponen di atas dengan dukungan motherboard yang sesuai. Pemakaian motherboard yang tidak sesuai atau tidak setara dengan CPU akan memberikan hasil yang kurang maksimal. Perhatikan juga untuk kelengkapan audio, mouse, dan keyboard dengan sensitivitas yang cukup nyaman.


Itulah daftar komponen dari spek komputer game terbaik yang bisa disesuaikan sendiri dengan total biaya kurang dari 10 juta rupiah. Pastikan untuk mengetahui merk, kapasitas, dan kecocokan antar hardware sebelum memutuskan untuk membelinya.

 

Diberdayakan oleh Blogger.