Obat Untuk Anjing Muntah Busa Putih

September 29, 2022

 

Bila pengguna suka memelihara anjing, mungkin hal wajar bila anjing mengalami muntah-muntah. Namun muntah yang dialami anjing tak selalu bisa disepelekan sebab ada kalanya hal tersebut berbahaya. Untuk itu, akan diuraikan obat untuk anjing muntah busa putih dengan gejala ringan.


Penyebab Anjing Muntah Busa Putih
Hewan muntah kerap terjadi dengan segala penyebab yang bisa saja dialami. Tentu nanti dari penyebab ini pengguna bisa menarik kesimpulan apa yang sedang terjadi pada anjing. Berikut beberapa penyebab Anjing muntah busa putih yang perlu pengguna waspadai:


1. Terjadi Masalah Pada GI
Salah satu masalah yang bisa saja terjadi adalah anjing ini mengalami atau gangguan pada GI atau Gastrointestinal. Intinya masalah tersebut merupakan si anjing ini mengalami masalah pada pencernaannya. Atau terdapat kelebihan gas pada perut anjing.


Bila anjing mengalami gangguan pada pencernaan, sedangkan tidak ada sesuatu yang tersisa dalam perutnya untuk dimuntahkan. Mulai saat itu mungkin anjing akan mengeluarkan cairan. Atau bisa juga busa pucat atau putih tadi.


2. Terkena Sindrom
Penyebab selanjutnya yang dapat membuat anjing muntah busa putih adalah karena terjadinya sindrom muntah pada anjing. Bila memang anjing terkena Sindrom muntah, maka biasanya muntah akan terjadi saat pagi hari. Hal tersebut dikarenakan ada gangguan pada pencernaannya.


3. Mengasapi
Penyebab paking berbahaya dari anjing yang muntah busa putih adalah mengasapi. Mengasapi ini bahkan menjadi penyebab kedua dari kematian anjing setelah kanker. Jadi ada penjelasan ilmiah soal ini, dan biasa’ disertai dengan tanda-tanda lain.


Biasa hal tersebut disertai dengan perut buncit, gusi pucat dan lain sebagainya. Selain itu masih ada penyebab lain yang juga bisa membuat anjing muntah busa putih. Seperti misalnya terkena rabies dan sebagainya.


Cara Mengobati Anjing Muntah Busa Putih
Setelah tahu apa yang jadi penyebab dari anjing yang muntah busa putih, maka akan dibahas bagaimana mengobatinya. Berikut ini adalah beberapa cara sebagai obat untuk anjing muntah busa putih yang bisa pengguna coba.


Namun bila gejala yang dialami tidak parah. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:
1. Berikan Makanan Hambar
Cara pertama bila anjing muntah busa putih adalah dengan memberinya makanan hambar. Makan hambar ini seperti misalnya adalah nasi putih dan ayam kukus. Namun pemberian ini jangan terlalu banyak, namun berikan makan dalam jumlah kecil.


Berikan makanan hambar pada anjing dalam jumlah kecil tersebut bisa pengguna terapkan dalam beberapa hari. Hal tersebut bertujuan untuk memperkenalkan diet normal pada si anjing. Jadi, jangan terlalu banyak memberinya porsi makan.


2. Puasakan Anjing
Ada yang menyarankan bila anjing muntah busa adalah dengan mempuasakan anjing. Jadi pengguna bisa mencegah makanan dan minuman selama 24 atau 12 jam. Hal tersebut bertujuan agar pencernaan istirahat, bila sudah maka bisa beri makan sedikit demi sedikit.


3. Beri Air Kelapa Muda
Tak hanya manusia saja yang bila keracunan bisa dibatasi dengan meminum air kelapa muda. Sebab, kelapa muda juga bisa diberikan pada anjing bila mengalami muntah busa. Pengguna bisa meminumkannya menggunakan pipet bila anjing tidak bisa minum sendiri.


4. Beri Yogurt
Cara keempat adalah dengan memberikan yogurt pada anjing. Pemberian yogurt ini bisa dilakukan apabila anjing muntah busa putih disebabkan mengalami infeksi pencernaan yang disebabkan oleh bakteri. Nantinya bakteri baik pada yogurt akan membantu mengatasi.


Berikut tadi adalah beberapa obat untuk anjing muntah busa putih yang bisa pengguna lakukan. Namun bila muntah tersebut disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan maka akan lebih baik langsung dibawa ke dokter. Sebab khawatir telah terjadi sesuatu yang berbahaya.


Diberdayakan oleh Blogger.