Cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android

September 13, 2022

 

Cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android banyak dibutuhkan. Kerap kali video yang sudah didownload dari internet malah tidak bisa dibuka, padahal video tersebut di download dengan memakai kuota internet yang besar. Perbaikan video tak dapat dibuka ternyata ada banyak caranya.


Perbaikan video tak dapat dibuka ternyata ada banyak caranya. Sesungguhnya video yang tak bisa dibuka di Android merupakan sesuatu yang sering terjadi, sehingga wajar apabila mengalami kejadian ini. Namun untuk mengatasinya mungkin masih banyak yang belum tahu caranya. Oleh sebab itu, berikut ini akan diberikan penjelasannya: 


1.  Scan Video
Apabila video tidak bisa diputar di Android maka cara memperbaikinya ialah dengan menscan video tersebut. Kemungkinan ada virus yang menyerang file-file dan sistem sehingga menyebabkan video tidak bisa diputar di Android.

Baca Juga : Rekomendasi Game SEGA terbaik


Oleh sebab itu, sebaiknya menscan video. Dengan melakukan proses scanning pada video, maka akan ditemukan solusi mengapa video tidak dapat diputar. Selain itu dengan scan video bisa menghilangkan virus-virus yang ada di dalam Android. Cara ini dinilai efektif untuk mengatasi video yang tak dapat diputar.


2.  Bersihkan Memori Internal
Biasanya video tidak dapat diputar di Android adalah karena memori internal yang penuh. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan memori internal tersebut. Dengan membersihkan memori internal handphone, maka video bisa diputar kembali di Android.


Sebab apabila handphone terlalu penuh memori internalnya, maka tidak ada ruang untuk memutar video yang ada. Jadi untuk memperbaikinya adalah bersihkan terlebih dahulu memori internal dengan cara menghapus sebagian file yang sudah tidak lagi dibutuhkan.


3.  Ubah Format Video
Format ekstensi yang tidak sesuai dengan aplikasi pemutar video di Android bisa menyebabkan video tersebut tidak bisa diputar. Jika video memiliki format ekstensi yang berbeda dengan pemutar video di handphone maka besar kemungkinan tidak bisa dibuka.


Cara memperbaikinya yaitu dengan mengubah format video yang ada. Untuk mengubah format video tersebut, maka pengguna harus mengunduh aplikasi pengganti format video di Playstore agar sesuai dengan kriteria handphone.

Baca Juga : Spek Komputer Game Dibawah 10 Juta


4.  Update Aplikasi Player
Mengupdate aplikasi player termasuk dalam cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android. Tak dapat dibukanya video adalah karena aplikasi player yang tidak diperbarui. Oleh sebab itu, sebaiknya mengupdate aplikasi player di Android.


Dengan melakukan update, maka otomatis aplikasi player mempunyai beragam fitur baru, serta performa yang dimiliki pun semakin bagus. Jika aplikasi pemutar video sudah terupdate, maka video yang tidak bisa diputar tersebut akan bisa dibuka kembali di Android.


5.  Konversi Resolusi Video
Sebuah video tidak dapat diputar di Android adalah karena resolusinya yang terlalu besar. Jika resolusi video terlalu besar, maka akan macet atau muncul notifikasi tidak bisa diputar. Cara mengatasi hal tersebut, sebaiknya lakukan konversi resolusi video agar kompatibel.


Untuk mengkonversi resolusi video, gunakan aplikasi bernama Kompresi Video yang bisa didownload di Play Store. Jika sudah mengkonversi resolusi video, maka selanjutnya adalah mencoba memutar video tersebut. Cara ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi hal ini.


6.  Gunakan Aplikasi Player Lain
Jika salah satu aplikasi player tidak bisa memutar video, maka sebaiknya mencoba aplikasi pemutar video yang lain. Untuk cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android dengan pakai aplikasi player lain.


Sesungguhnya untuk membenahi video yang tak dapat diputar bisa dengan menggunakan berbagai cara yang telah disebutkan tadi. Itulah sedikit penjelasan mengenai cara memperbaiki video yang tidak bisa diputar di Android.

Diberdayakan oleh Blogger.