Makanan Bayi Hamster Hingga Dewasa

Agustus 17, 2022

 

Selain kucing dan anjing, banyak juga yang memelihara hamster. Namun bila hamster masih bayi mungkin pengguna akan kesusahan merawatnya seperti salah satunya adalah dalam hal memberi makan. Berikut ini akan diuraikan makanan bayi hamster hingga saat ia mulai dewasa, diantaranya:


Makanan Yang Bagus Untuk Bayi Hamster Hingga Dewasa
Pemberian makan pada bayi hamster haruslah bertahap sesuai dengan umur si bayi. Jadi jangan sembarang memberikan makanan pada bayi hamster. Sebab bila saja sampai salah, nantinya dapat menimbulkan masalah pada bayi hamster tersebut. Berikut beberapa makanan yang direkomendasikan untuk bayi hamster:


1. Susu
Saat bayi baru lahir, maka pengguna hanya boleh memberikan susu pada bayi hamster. Jika masih dengan induknya, maka pengguna tak perlu memberikan susu formula. Sebab bayi akan langsung menyusu induknya selama dua minggu, dan selama itu pula jangan beri makan lain.


Selama dua minggu tersebut bayi hamster hanya boleh minum susu induknya. Bila bayi hamster tanpa indukan, maka pengguna bisa memberikan susu formula, pemilihan susu juga harus tepat. Pengguna bisa coba gunakan susu merek lactol.


Bila memang bayi sudah tidak memiliki induk, maka pemberian susu formula tersebut juga harus diperhatikan. Pengguna bisa memberikan susu tersebut melalui pipet dan biarkan menyedot sendiri. Selain itu, dalam kurun dua minggu, pengguna tidak boleh sama sekali memegang bayi hamster.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir


2. Air Putih
Bila hamster sudah berumur 16 hari maka selain susu pengguna sudah bisa memberikan air putih pada bayi hamster. Namun perhatian juga bahwa air putih tersebut terjaga kebersihannya. Sebab bila saja ada sedikit sumber penyakit maka akan berdampak buruk pada bayi.


Namun meski diberikan air putih, kebutuhan susu pada bayi juga harus terpenuhi. Entah itu susu dari induknya atau susu formula bila bayi sudah tanpa indukan. Sebab sumber makanan utama bayi pada umur 16 hari hingga 1 bulan masih dari susu induknya.


3. Biji-bijian
Bila bayi sudah berusia satu bulan, maka bisa dikatakan bahwa bayi hamster sudah beranjak dewasa. Maka makanan yang diberikan juga sudah bukan susu lagi pengguna sudah bisa memberikan biji-bijian yang merupakan makanan utama dari hamster. Biji-bijian ini juga beraneka ragam.


Seperti misalnya pengguna bisa memberikan seperti biji jagung atau biji bunga matahari. Biji beras atau padi juga bisa diberikan pada hamster yang mulai beranjak dewasa. Pengguna tidak perlu mengupas biji-bijian tersebut, sebab akan dikupas sendiri.


4. Sayuran Kukus
Selanjutnya pada pembahasan mengenai makanan bayi hamster hingga mulai dewasa adalah memberikan makanan sayuran kukus. Makan ini bisa diberikan pada hamster yang sudah berusia mulai satu bulan. Sayur yang bisa digunakan yakni seperti gambas atau oyong.


Atau bisa juga diberikan sayuran seperti kol. Pengguna bisa potong kecil-kecil sayuran yang sudah dikukus. Hal tersebut agar hamster mudah untuk memakannya.


Makanan Yang Sebaiknya Dicegah Untuk Bayi Hamster Hingga Dewasa
Bila di atas merupakan makanan yang baik untuk bayi hamster ataupun hamster dewasa. Maka kali ini makanan yang sebaiknya dicegah atau dihindari untuk hamster. Berapapun usia hamster jangan memberikan makanan yang mengandung gula dengan kadar tinggi.


Makan yang dilarang tersebut di antaranya seperti coklat, biskuit, kue dan semacamnya. Bila pengguna ingin hamster peliharaannya sehat dan memiliki umur panjang makanan hindari makanan -makanan tersebut. Atau pengguna juga bisa melakukan konsultasi pada dokter hewan.


Berikut tadi adalah uraian mengenai makanan bayi hamster yang bisa pengguna berikan hingga hamster beranjak dewasa. Bila bayi minum susu induknya, maka pengguna harus perhatikan makanan untuk induknya tersebut. Sebab jika tidak nanti hamster dewasa bisa memangsa anaknya.


Diberdayakan oleh Blogger.