Ternak Ikan Gurame Untuk Pemula

Juli 28, 2022

 

Ikan yang mengandung banyak protein salah satunya adalah gurame. Ikan ini berasal dari indonesia. Dan merupakan ikan jenis air tawar yang banyak peminatnya. Jadi tak heran jika harganya cukup mahal dan juga memiliki banyak peluang untuk ternak ikan gurame. 


Sebab dengan harga yang tinggi dan banyak peminat pastilah akan mendapat keuntungan. Namun bagi seseorang yang ingin membuka ternak ikan gurame, akan memerlukan waktu yang cukup relatif lama. Hal itu dikarenakan, ternak ikan ikan ini memiliki beberapa tahapan yang harus diperhatikan. Adapun cara yang benar untuk ternak ikan ini adalah:


1. Siapkan Modal
Yang paling penting dan harus menjadi dasar untuk melakukan ternak ikan gurame adalah modal. Seseorang harus memiliki modal terlebih dahulu jika ingin mencoba peluang ternak ikan yang banyak peminatnya ini. Sebab jika tidak memiliki modal yang cukup maka rencana tersebut hanya akan menjadi wacana saja.


2. Sediakan Lahan dan Buat Kolam
Selanjutnya, jika modal sudah ada ditangan silahkan mulai untuk mempersiapkan lahan yang akan dibuat kolam untuk tempat ternak ikan tersebut. Sebab bibit-bibit ikan tersebut haruslah memiliki wadah untuk berkembang dan tumbuh hingga ikan tersebut siap untuk dipanen dan dijual ke pasar atau masyarakat.

Baca Juga : Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

 
3. Perhatikan Teknik Pengisian Air
Tahap selanjutnya jika ingin ternak ikan jenis ini adalah harus memperhatikan teknis pengisian airnya. Ketinggian volume air yang standar untuk ikan dengan protein tinggi ini adalah berkisar lima puluh hingga tujuh puluh lima sentimeter saja. Sebab jika terlalu banyak, akan berakibat tidak baik untuk perkembangan ikan tersebut.


4. Pilih Benih Ikan Yang Berkualitas
Jika kolam sudah terisi dengan debit air yang ditentukan tadi, silahkan peternak mengisinya dengan benih ikan gurame. Tetapi sebelumnya, Pastikan peternak memilih benih ikan yang memiliki kualitas terbaik agar perkembangan dan pertumbuhan ikan bisa maksimal. Dan yang pasti, dalam satu tempat tidak boleh lebih dari dua ratus ekor.
Hal itu agar ikan-ikan tersebut dapat bekembang dan bertumbuh dengan baik. Serta agar para ikan tersebut dapat bergerak bebas tanpa berjudul karena kebanyakan. dan yang pasti hal tersebut juga berpengaruh nantinya saat akan panen.


5. Pemberian Pakan
Satu hal yang juga merupakan penting untuk diperhatikan yaitu berkaitan dengan pakan. Sebab pemberian pakan akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan tersebut. Hal itu dikarenakan selama pertumbuhan, ikan mengalami feeding habitat yang signifikan dari berjalannya waktu.
Untuk pakan sendiri, ketika ikan masih dalam bentuk larva itu bisa diberi pakan jenis daging karena termasuk karnivora. Setelah bertumbuh menjadi juvenil muda bisa diberi makan apapun karena bersifat omnivora. tetapi ketika sudah dewasa akan bersifat herbivora atau pemakan daun.


6. Tambahkan Eceng Gondok Pada Kolam
Untuk kolam ikan gurame, bisa peternak tambahkan tanaman agar dapat menghalangi sinar matahari yang berlebihan. Tanaman ini bisa berupa eceng gondok yang termasuk tumbuhan air dan mudah pertumbuhannya. Selain tanaman, pastikan sirkulasi airnya berjalan lancar agar pertumbuhan ikan bisa berjalan lebih cepat.

Baca Juga : Cara Ternak Ikan Cupang Di Ember, Menghasilkan Jutaan


7. Panen
Yang terakhir adalah tahapan yang ditunggu-tunggu oleh peternak yaitu masa panen. Peternak bisa memanen ikan tersebut setelah beratnya berkisar dua puluh hingga dua puluh lima gram. Saat akan melakukan panen, sebaiknya dilakukan ketika sore atau pagi hari. Hal tersebut bertujuan agar ikan mudah ditangkap.


Demikian tadi beberapa cara untuk ternak ikan gurame dengan benar dan mudah bagi para peternak pemula. Pastikan peternak selalu memperhatikan pertumbuhan ikan agar hasil yang didapat saat panen sesuai target yang diinginkan.
 

 

Diberdayakan oleh Blogger.