Mengatasi Mata Buram Karena HP

Juli 07, 2022

 

HP menjadi perangkat elektronik yang sering digunakan, apalagi di sana terdapat beragam fitur yang mendukung penggunanya. Akan tetapi apabila penggunaan alat ini terlalu sering dapat menyebabkan masalah penglihatan menjadi buram. Cara mengatasi mata buram karena HP penting diketahui sejak awal.
Mata merupakan aset paling berharga yang membantu manusia dalam melakukan segala bentuk aktivitas yang berkaitan dengan penglihatan. Jika mata mengalami penurunan kualitas akibat pemakaian HP yang terlalu sering tentu akan menghambat kegiatan sehari-hari. Berikut, hal yang dapat dilakukan, diantaranya:

1. Memberi Jeda Mata dalam Melihat Layar HP
Mata buram karena HP bisa saja disebabkan karena mata mengalami kelelahan. Sehingga penglihatan menjadi kurang fokus dan berbayang.
Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna sebaiknya memberi jeda ketika menatap layar HP. Saat menggunakan lebih dari 2 jam, alihkan pandangan ke arah lain sekitar 5 hingga 10 menit.

2. Menghindari Adanya Pantulan Cahaya Berlebih pada Layar HP
Cara mengatasi mata buram karena HP yang cukup membantu namun sering diabaikan adalah menghindari pantulan cahaya di layar HP. Pantulan cahaya pada layar HP secara tidak langsung membuat penglihatan bekerja lebih keras saat menatapnya.
Belum lagi cahaya yang dipantulkan juga bisa merusak mata apabila terjadi dalam jangka panjang. Untuk mengatasinya, sebelum menggunakan HP untuk aktivitas ada baiknya pengguna memastikan ruangan yang ditempati mendapat pencahayaan yang bagus.
Bisa juga dengan menutup tirai atau menggunakan lampu yang tidak terlalu terang. Bila perlu gunakan pelindung layar HP yang mampu meminimalisir pantulan cahaya untuk hasil yang lebih baik.

3. Mengurangi Aktivitas Penggunaan HP Terlalu Sering
Mengurangi aktivitas dalam menggunakan HP merupakan cara mengatasi mata buram karena HP yang paling baik dari segala macam solusi yang ada. Karena bagaimanapun terlalu lama terkena cahaya layar HP tidak terlalu baik untuk penglihatan.  Tentunya pengguna bisa mengatur waktu dalam menggunakan HP.
Apabila pengguna terlanjur terikat dengan segala bentuk aktivitas menggunakan HP, mulailah untuk menahan diri dan menggunakan HP hanya untuk hal penting saja. Aktivitas sampingan seperti membaca, bersosial media, atau bermain game bisa diganti dengan aktivitas outdoor yang lebih bermanfaat dan menyehatkan.

4. Mengatur Pencahayaan Screen HP dan Menggunakan Mode Malam
Mengatur pencahayaan screen HP dan mode malam dapat membantu pengguna mengatasi mata buram karena perangkat tersebut. Selain itu, tindakan ini juga dapat menghemat pemakaian baterai HP. Pengaturan cahaya HP yang baik tentu tidak akan membuat mata lelah sehingga tetap bekerja dengan baik.

5. Memakai Kacamata Radiasi
Apabila pekerjaan memang menuntut penggunanya untuk selalu menggunakan HP, cara mengatasi mata buram karena HP adalah dengan menggunakan kacamata radiasi. Tidak hanya pada penderita yang memiliki gangguan penglihatan saja yang bisa memakainya.
Namun, orang yang masih memiliki mata normal juga sangat disarankan menggunakan alat tersebut. Kacamata radiasi memang dirancang bagi pengguna yang menghabiskan banyak waktunya di layar monitor, termasuk HP.

Alat ini bekerja untuk mengurangi paparan sinar radiasi berbahaya yang menyebabkan mata lelah. Ada banyak pilihan yang tersedia, selain itu pengguna juga bisa menyesuaikan bentuk kacamata sesuai dengan kenyamanan selama memakainya.
Penglihatan buram akibat HP tidak bisa disepelekan begitu saja. Sebab apabila masalah menuju tingkat yang lebih berat, akan sulit mengobatinya. Selain mengikuti pedoman di atas, mengkonsumsi suplemen dan sayuran yang baik untuk mata juga perlu dilakukan agar penglihatan tetap terjaga dengan baik.


Diberdayakan oleh Blogger.