Kura Kura Air Yang Bisa Dipelihara

Juli 24, 2022

 

Kura kura termasuk menjadi salah satu hewan yang paling diminati untuk dipelihara. Perawatannya tidak sulit dan hewan bercangkang ini memiliki pesonanya sendiri. Jenis kura kura air adalah yang paling banyak disukai untuk dipelihara. Maka dari itu, banyak yang mencarinya.


Sebenarnya, kura kura merupakan hewan yang bisa hidup dengan dua alam. Namun kura kura masih dibedakan jenisnya yang lebih banyak di air atau banyak di darat. Untuk jenis kura yang lebih banyak di air contohnya adalah:


1. Common Snapping Turtle
Kependekan dari Common Snapping Turtle adalah CST. Kura kura jenis ini merupakan kura kura air yang cukup banyak dicari oleh para penggemarnya. Ukuran cangkangnya lumayan luas, sekitar 30 hingga 40 cm.
Hidupnya ada di aliran air yang lambat dan tenang. Namun, kura kura ini memiliki tingkah agresif hingga harus berhati-hati.


2. Kura kura Brazil
Jenis kura kura yang kedua adalah kura kura Brazil. Bentuknya unik dan tempurungnya memiliki garis dan berwarna kuning. Umurnya bisa cukup lama yakni sampai 20 tahun.
Makanannya bisa diberi pelet ikan, sayuran, atau cacing. Namun, tetap berikan kura kura Brazil daratan karena kura kura ini tidak hidup selama 24 jam di air.


3. Kura Kura Ambon
Jenis yang ketiga adalah kura kura Ambon. Ciri khas dari kura kura Ambon adalah kepalanya yang bulat dan memiliki garis di sampingnya. Umumnya garis tersebut berwarna kuning.
Makanan yang bisa dimakan olehnya adalah semacam udang, ikan kecil, sayuran, atau bahkan buah. Sisi menguntungkan dari kura kura Ambon adalah hewan ini mudah beradaptasi dengan manusia.


4. Kura kura Cynemis
Pernah dengar nama kura kura Cynemis? Tentu saja Cynemis masuk ke dalam jenis kura kura air yang banyak dicari. Tubuhnya condong kecil dan tempurungnya biasa berwarna coklat.
Ciri lainnya adalah memiliki ekor yang panjang dan kakinya berselaput yang memudahkan kura kura berenang di air. Urusan makanan, Cynemis tidak rewel dan bisa diberi pelet khusus kura kura atau udang.


5. Kura kura Daun
Jenis kura kura daun merupakan salah satu jenis yang paling populer. Bentuk tempurungnya seperti daun, baik dari segi warnanya maupun segi lebarnya dan ada sedikit gerigi di bawah tempurung.
Ukuran kura kura daun tidak besar, hanya sepanjang 25 cm. Makanannya cukup dengan pelet kura kura atau udang kecil. Jangan lupa, kura kura daun merupakan jenis yang semi aquatic alias masih butuh hidup di darat.


6. Kura kura Damer
Kepanjangan dari kura kura Damer adalah kura kura dada merah. Identitas dari kura kira ini adalah jelas dengan dada miliknya yang berwarna unik, yaitu merah terang.
Sedikit fakta menarik, kepala kura kura damer tidak bisa bersembunyi masuk ke cangkang namun hanya bisa dilipat. Sifat kura kura damer cenderung tenang dan kalem serta biasa memakan sayur atau ikan kecil.


7. Kura kura Daput
Kebalikan dari kura kura damer, kura kura Daput adalah kura kura yang memiliki dada berwarna putih terang dan polos. Karakternya juga sama sama kalem dan mudah bersosialisasi.
Jenis makanan kura kura daput pun tidak berbeda jauh dengan kura kura damer. Namun, harga beli kura kura Dada Putih cukup mahal dibanding jenis kura kura yang lain.


Itulah beberapa jenis kura kura air yang bisa dijadikan hewan peliharaan. Ingat, tetap perhatikan makanannya dan berikan tempat kura kura untuk bernafas. Meskipun kura kura ada yang jenis hewan air, namun sistem pernafasan nya masih membutuhkan oksigen yang ada di udara.

 

Diberdayakan oleh Blogger.