Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Juli 26, 2022

 

Masa baru lahir adalah masa di mana anak kucing sangat lemah dan beresiko tinggi untuk mati sebelum tumbuh. Banyak orang yang salah dalam menanganinya dan tidak tahu bagaimana cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mati. Akhirnya, malah berakhir pada kematian si anak kucing.


Walaupun sangat lemah, sebenarnya untuk merawat anak kucing dan menjaganya tetap hidup bukanlah hal yang terlalu sulit. Namun, memang untuk merawatnya dibutuhkan kesabaran dan kehati-hatian yang luar biasa.


Karena itu, berikut ini akan dibahas bagaimana cara untuk merawat anak kucing yang baru saja lahir. Hal ini agar anak kecil tidak menjadi semakin lemah dan dapat bertahan hidup serta tumbuh sehat. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:


1. Cari Induk Angkat Untuk Anak Kucing
Hal pertama yang harus dilakukan dalam merawat anak kucing adalah mencari induk angkat untuk anak kucing. Namun sebelumnya, para pemilik harus memastikan bahwa anak kucing ini sudah benar-benar tidak memiliki indukan lain atau tidak.


Jika, memang benar-benar tidak ada, indukan angkat harus segera dicari. Karena anak kucing tidak bisa bertahan tanpa memiliki induk. Namun, harus hati-hati dalam memilih indukan kucing dewasa.
Karena tidak semua kucing dewasa bisa menjadi indukan angkat. Salah-salah, anak kucing malah akan ditolak, disakiti, dan yang paling buruk. Ada kemungkinan kucing dewasa memakan anak kucing.

Baca Juga : Kura - Kura Air Yang Bisa Dipelihara


2. Berikan Asupan Susu Secara Rutin
Cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mati selanjutnya adalah memberikan asupan susu secara rutin. Anak kucing butuh banyak sekali asupan susu untuk bertahan hidup. Karena itu susu minimal diberikan setiap dua jam sekali untuk anak kucing.
Terutama, jika anak kucingnya berusia kurang dari satu minggu. Asupan susu sangatlah penting karena tubuhnya masih lemah dan perutnya masih kecil. Hal ini membuatnya sangat mudah kelaparan.


3. Buat Kucing Tetap Hangat
Tubuh anak kucing sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan suhu dingin. Selain itu, anak kucing juga belum bisa menjaga suhu tubuhnya sendiri. Karena memang belum cukup mampu untuk melakukannya. Karena itu, penting untuk membuat anak kucing tetap hangat.
Jika ada induk nya, maka anak kucing bisa mencari kehangatan dari induknya. Jika tidak ada, maka para pemilik harus memuat sarang dari kain-kain tebal. Kemudian, membuat selimut juga untuk menjaga agar si anak kucing tetap hangat.


4. Pastikan Tubuh Kucing Selalu Bersih
Sama seperti kemampuan menjaga daya tahan tubuh, anak kucing juga belum memiliki daya tahan tubuh yang sempurna. Karena itu, anak kucing cukup rentah terhadap serangan penyakit terutama bakteri yang menempel di kulitnya yang masih tipis.
Karena itu, para pemilik harus memastikan kebersihan tubuh kucing. Kucing juga menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Hal ini yang membuat anak kucing sering punya kotoran mata. Pastikan untuk membersihkan bagian mata dengan lembut dan jangan sampai menyakiti.

Baca Juga : Budidaya Ikan Koi Bagi Pemula


5. Berikan Vaksin Pada Kucing
Seperti yang disebutkan sebelumnya, daya tahan tubuh anak kucing belum sempurna. Karena itu, tubuhnya cukup rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, agar anak kucing dapat tumbuh sehat. Vaksin harus diberikan kepada anak kucing.
Itulah 5 cara merawat anak kucing baru lahir agar tidak mati. Walaupun sangat lemah, tapi bukan berarti anak kucing tidak bisa diselamatkan. Cara yang dijelaskan di atas sangat efektif untuk menyelamatkan anak kucing yang masih lemah dan kecil.


Diberdayakan oleh Blogger.