Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Juli 08, 2022

 

Cara mengobati asam lambung secara alami bukan suatu yang sulit untuk dilakukan. Hanya saja, penderita asam lambung tidak boleh sembarangan dalam memilih cara-cara agar tidak memperparah kondisi. Berikut akan dijabarkan beberapa tahapan yang kiranya dapat diterapkan, diantaranya:


1. Istirahat Sejenak
Sebenarnya cara yang satu ini bukan untuk mengobati saja tetapi juga dapat digunakan sebagai alternatif pertama kali mengatasi asam lambung. Saat asam sedang naik cobalah beristirahat sejenak, bisa dengan berpikir santai atau tidur ringan.
Namun, posisikan tidur secara benar agar asam lambung tidak semakin naik yang bisa membuat kondisi tubuh kurang nyaman. Baringkan tubuh dengan bagian dada lebih tinggi daripada perut menggunakan bantal agar asam tidak menyentuh kerongkongan.


2. Kurangi Diet Karbohidrat
Cara kedua yang dapat dilakukan adalah mengurangi diet dengan kandungan karbohidrat yang cenderung tinggi. Alasannya karena sebagian karbohidrat yang belum berhasil dicerna bisa menyebabkan tekanan pada perut menjadi meningkat sehingga mempengaruhi asam lambung.
Meskipun karbohidrat dapat menyebabkan gas atau sendawa, diet yang rendah karbo bisa memperbaiki gejala asam lambung. Hanya saja, penelitian terkait karbohidrat tersebut masih harus dilakukan pemutakhiran agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.


3. Konsumsi Daun Kemangi
Tentu daun kemangi sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia terlebih yang gemar dengan kuliner berbahan lalapan. Daun kemangi sendiri memiliki khasiat dalam menurunkan asam lambung bagi penderitanya secara cepat.
Penderita bisa memakan daun kemangi sesuai kebutuhan atau dapat merebus tiga sampai empat lalu taruh dalam cangkir. Selain dengan mengkonsumsi, penderita juga bisa menghirup aroma dari daun kemangi tersebut.


4. Konsumsi Gula Merah
Cara mengobati asam lambung secara alami berikut bisa dikatakan sangat sederhana karena hampir di setiap rumah memiliki bahan dapur ini. Gula merah mempunyai khasiat yang membantu pencernaan lebih basa sehingga dapat menurunkan asam lambung.
Apabila asam lambung sedang naik maka langsung ambil gula merah lalu potong menjadi kecil-kecil kemudian isap. Bukan hanya bertindak dalam membantu pencernaan, gula merah dapat mempertahankan temperatur normal dari tubuh.


5. Konsumsi Oatmeal
Bagi penderita asam lambung yang gemar mengkonsumsi oatmeal tampaknya tidak salah dalam memilih makanan. Ini karena serat pada oatmeal cukup tinggi sehingga dapat memudahkan proses pencernaan.
Bukan itu saja, serat yang terkandung dalam oatmeal bisa membuat kondisi tubuh tetap kenyang. Dimana keadaan tersebut akan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan termasuk bahan pangan yang memicu asam lambung naik.


6. Konsumsi Pisang
Buah yang sangat mudah ditemui di pasar manapun ini ternyata memiliki khasiat dalam mengurangi gejala asam lambung. Pasalnya pisang termasuk ke dalam kategori buah-buahan yang mempunyai sifat basa dan rendah asam (alkali).
Proses pencernaan pisang dalam mencegah asam lambung dengan melapisi bagian kerongkongan. Ditambah buah ini juga memiliki pektin yang mampu memperlancar sistem cerna sehingga asam tidak menumpuk pada sisi tersebut.


7. Gunakan Akar Marshmallow
Mungkin obat dengan nama akar marshmallow ini masih sangat jarang terdengar, tetapi khasiat yang dimiliki sangat banyak. Mulai dari kemampuan dalam menjaga dinding lambung sampai dengan mengatasi infeksi yang disebabkan mikroorganisme.
Mekanisme marshmallow yang menjaga dinding lambung membuat asam lambung tidak mudah melukai atau mengikisnya. Jadi, tak ada salahnya mencoba menggunakan akar marshmallow sebagai bentuk pengobatan herbal.


Info diatas seputar cara mengobati asam lambung secara alami diharapkan bisa membantu penderita untuk kepentingan terapi. Walaupun begitu, pengobatan tidak akan berjalan dengan lancar dan sesuai apabila pola hidup yang dijalankan jauh dari kata sehat.

 

Diberdayakan oleh Blogger.