Cara Cek Hp Support Wireless Charger

Juli 25, 2022


 

HP masa kini sudah semakin canggih. Salah satu fitur terbaru yang menjadi incaran para pengguna HP yaitu fitur wireless charger. Namun tidak semua HP support dengan fitur ini. Oleh karena itu calon pembeli harus tahu cara cek HP support wireless charger sebelum membelinya.


Biasanya fitur-fitur seperti ini hanya ada di HP-HP kelas flagship. Namun tidak menutup kemungkinan dengan semakin berkembangnya teknologi HP kelas mid range pun telah dibekali dengan fitur seperti ini. Maka agar tidak salah pilih sebaiknya pastikan terlebih dahulu. Simak penjelasan berikut:


Wireless Charger
Sebelum membahas mengenai cara cek HP support Wireless Charger atau tidak. Ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu Wireless Charger, keunggulan serta kelemahannya. Hal ini perlu dipahami agar bisa menjadi pertimbangan dalam membeli HP.


Wireless Charger merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melakukan pengisian daya HP dengan teknologi terbarukan. Yaitu teknologi yang memanfaatkan induksi elektromagnetik untuk mengisi daya HP.
Sehingga dengan menggunakan Wireless Charger ini, pengguna tidak perlu mencolokkan kabel ke HP untuk melakukan pengisian daya. Namun cukup dengan menempelkan atau meletakkan HP yang akan diisi daya diatas Wireless Charger. 


Kelebihan Wireless Charger
Dalam penggunaan nya tentu Wireless Charger ini memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing. Berikut ini merupakan kelebihan menggunakan Wireless Charger:
●    Penggunaan wireless ini diklaim lebih aman jika dibandingkan menggunakan Charger kabel. Sebab dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada HP jika tiba-tiba ada korsleting listrik.
●    HP akan lebih awet terutama di bagian colokan charger nya karena dengan menggunakan Wireless Charger ini pengguna tidak perlu mencolokkan dan mencabut charger dari HP.  
Kekurangan Wireless Charger
Selain memiliki kelebihan, tentu saja Wireless Charger ini memiliki kekurangan. Berikut ini merupakan kekurangan dalam penggunaan Wireless Charger:
●    Saat melakukan pengisian daya akan cenderung lebih lambat jika dibanding dengan pengisian daya yang langsung dicolokkan ke listrik.
●    Penggunaan Wireless Charger ini dapat menjadikan perangkat HP menjadi cepat panas.
●    Jika pengguna menggunakan case HP yang terlalu tebal maka Wireless Charger ini tidak dapat berfungsi.
●    Daya tidak mau terisi apabila posisi HP tidak pas. Dan pada HP-HP tertentu Wireless Charger ini tidak dapat digunakan.
Cara Cek HP Support Wireless Charger Atau Tidak
Seperti yang sudah dij diatas, bahwa tidak semua HP support menggunakan Wireless Charger ini. Oleh karena itu perlu dipastikan terlebih dahulu. Cara yang bisa digunakan untuk mengecek HP support wireless charger atau tidak yaitu dengan cara mengecek spesifikasi lengkapnya. Berikut ini langkahnya:
●    Pertama-tama, sebelum membeli HP cobalah untuk melakukan cek spesifikasi lengkapnya dengan cara browsing HP yang diinginkan di internet. Atau bisa dengan datang langsung ke konter HP dan cek sendiri spesifikasi lengkapnya disana.
●    Lihatlah di bagian spesifikasi lengkapnya yang ada di internet apabila melakukan pengecekan lewat internet. Dan cobalah lihat di box HP, biasanya di bagian belakang jika melakukan pengecekan langsung ke konter. Atau bisa langsung menanyakannya pada petugas yang ada di konter.
●    Apabila HP yang dimaksud support wireless charger maka akan ada keterangannya di bagian fitur nya. Misalnya Samsung Galaxy S21 5G akan terlihat bahwa di bagian fitur akan ada keterangan “Wireless Charging 15W”. Atau Xiaomi Mi 11 akan terdapat keterangan “Fast Wireless Charging 50W”.


Demikianlah penjelasan mengenai cara cek HP support wireless chargers. Cara ini perlu dilakukan karena tidak semua HP memiliki fitur unggulan seperti Wireless Charger ini. Sehingga calon pembeli yang mengincar fitur ini tidak akan salah beli.
 


Diberdayakan oleh Blogger.