6 Cara Ternak Ikan Cupang di Ember, yang Menghasilkan Omzet Jutaan Rupiah Sebulan

Juli 17, 2022


 

Masa pandemi membuat banyak orang mengembangkan hobi menjadi bisnis, tidak terkecuali bisnis ikan cupang. Masyarakat banyak yang ingin mengetahui informasi cara ternak ikan cupang di ember karena lebih praktis dan mudah untuk seorang pemula yang memulai bisnis.

Selain itu juga biaya modal yang murah membuat banyak orang tertarik untuk mengembangkan hobi ini. Terdapat 6 cara ternak ikan cupang pada ember yang dapat diikuti, yang mana penggunaan ember menjadi alat dan cara yang lebih praktis dengan biaya modal minimalis.

1. Mempersiapkan Air Di Ember
Pertama-tama, peternak harus menyiapkan ember sebagai wadah ternak ikan cupang. Menggunakan ember sebagai wadah, dapat menekan budget modal bisnis ikan cupang. Peternak cukup menyiapkan ember dengan ukuran kecil untuk masing-masing ikan cupang, jantan maupun betina.
Wadah yang disiapkan tidak perlu besar, ember berukuran 5L sudah cukup untuk meletakkan satu induk ikan cupang jantan atau betina. Namun, perlu diperhatikan bahwa di dalam mengembangkan ternak ikan cupang, wadah induk ikan cupang jantan dan betina harus dipisahkan.

2. Memilih Kualitas Induk Ikan Cupang
Mengembangkan ternak ikan cupang harus dimulai dengan pemilihan kualitas induk ikan cupang dan betina yang baik dan berkualitas. Memilih indukan harus diperhatikan beberapa syarat yang masing-masing jenis kelamin ikan cupang memiliki ciri dan syarat tertentu.
Peternak ikan cupang harus mengetahui indukan yang siap untuk dikawinkan. Berikut tipe indukan ikan cupang terbaik dan siap kawin, yaitu:
●    Induk ikan cupang betina bergerak lebih lambat, sedangkan induk ikan cupang jantan bergerak secara agresif dan aktif.
●    Sirip induk ikan cupang betina tidak sepanjang sirip yang dimiliki ikan cupang jantan.
●    Untuk aspek warna, induk ikan cupang betina terlihat lebih kusam, sedangkan ikan cupang jantan memiliki warna terang dan menarik.
●    Bagian perut induk ikan cupang betina lebih buncit daripada ikan cupang jantan yang bentuk badannya panjang.
●    Umur induk ikan cupang betina siap kawin adalah 3-4 bulan, sedangkan induk ikan cupang jantan yang siap kawin adalah berusia 4-8 bulan.

3. Memberikan Pakan
Budidaya dan cara ternak ikan cupang di ember berikutnya adalah aspek pemberian makanan. Ikan cupang dapat diberikan makan berupa kutu air, jentik nyamuk atau cacing sutera. Sebelum memberikan makan pada ikan cupang, pakan harus direndam ada metil biru terlebih dahulu.
Memberikan makan pada ikan cupang cukup dilakukan 2 kali sehari dan pastikan tidak berlebihan. Hal tersebut dapat memengaruhi pergerakan ikan cupang dan dapat menimbulkan penyakit saluran pencernaan.

4. Melakukan Proses Memijah
Cara ternak ikan cupang berikutnya adalah proses memijah, atau pembuahan telur oleh ikan cupang jantan untuk menghasilkan bibit ikan cupang. Di dalam proses ini, peternak harus menyiapkan wadah ember mini dan memasukkan ikan cupang jantan.
Setelah menunggu 1-2 jam, masukkan ikan cupang betina. Di dalam ember akan terjadi proses menempelkan telur dan pembuahan sperma di air ke dalam sarang busa yang dibuat oleh ikan cupang jantan. Proses ini membutuhkan waktu 1-3 jam, dan telur akan menetas 2-3 hari berikutnya.

5. Mempersiapkan Tumbuhnya Benih
Jika proses pemijahan selesai dan telur ikan cupang sudah menetas, maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan untuk tumbuh kembang benih ikan cupang. Memberikan makan benih ikan cupang dapat dengan kuning telur yang direbus dan cacahan cacing.
Peternak juga harus memperhatikan fase-fase kritis perkembangan benih ikan cupang. Karena ikan cupang yang berumur sampai 1 bulan rentan terkena penyakit yang dapat menghambat perkembangannya, bahkan memicu kematian.

6. Melihat Peluang Usaha
Jika sukses mengembangkan budidaya ikan cupang, maka peternak dapat menghitung harga jual ikan cupang. Biasanya, untuk jenis ikan cupang biasa, harga jual hanya berkisar pada harga Rp 3.000-Rp 5.000/ekor. Sedangkan, untuk jenis ikan cupang tertentu, harga jual dapat mencapai Rp 2 juta.
Kesimpulannya, cara ternak ikan cupang di ember tidak jauh berbeda dengan ternak ikan cupang di akuarium. Wadah ember untuk ternak ikan cupang juga dapat menghasilkan benih ikan cupang yang berkualitas dan terbaik. Asalkan perawatan dan cara budidayanya benar.

 

Diberdayakan oleh Blogger.