Ciri - Ciri Sugar Glider Hamil

April 19, 2022

 

Sugar glider adalah salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang di masa kini. Sebagai orang yang memelihara, para pemilik kadang tidak bisa mengenali ciri ciri sugar glider hamil. Apalagi setelah proses perkawinan.


Hal ini wajar, karena memang kadang tidak ada perubahan signifikan pada tubuh sugar glider saat hamil. Karena itu, para pemilik yang mungkin masih awam mungkin kurang bisa mengetahui kondisi kehamilan sugar glider.

Baca Juga : Ternak Kambing Modal 5 Juta Dijamin Untung Banyak


Namun, tenang saja, hal ini bukan berarti kehamilan sugar glider tidak bisa dideteksi sama sekali. Ada beberapa ciri yang mudah dikenali orang para pemilik jika sugar glidernya memang sedang mengandung.


Ciri Ciri Sugar Glider Hamil yang Mudah Dikenali
Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa ciri dari sugar glider yang bisa dikenali pada saat hamil. Ciri ini tidak selalu ciri fisik, karena itu untuk menyadarinya para pemilik harus memiliki pengetahuan mengenai reproduksi sugar glider.
Berikut ini adalah beberapa ciri sederhana yang bisa diketahui pada saat sugar glider hamil. Orang awam pun pasti bisa menyadarinya setelah mempelajarinya, diantaranya:

 

Baca Juga : Ternak Ayam Modal 500ribu

 

 
1. Sugar Glider Masuk Usia Produktif
Hal mustahil bagi sugar glider untuk hamil jika tidak memasuki usia produktif. Karena itu, para pemilik sugar glider harus mengetahui titik usia produktif dari sugar glider.
Untuk sugar glider yang berjenis kelamin jantan usia produktifnya adalah 6 bulan setelah OOP. Sedangkan untuk sugar glider yang berjenis kelamin betina, masa produktifnya lebih lambat. Pada saat 7-8 bulan setelah sugar glider jantan.


2. Sudah Kawin Lebih dari 2 Minggu
Setelah mengawinkan sugar glider betina dan jantan, biasanya masa kawinnya akan berjalan selama 2 minggu dan paling lama satu bulan. Pada saat-saat inilah besar kemungkinannya sugar glider hamil. Walaupun, tidak menunjukan ciri fisik tertentu, karena itu lebih baik segera diperiksa.


3. Basah di Daerah Sekitar Pouch
Untuk mempersiapkan kelahiran anak sugar glider, indukan betina akan membersihkan bagian pouch pada dirinya dan sekitar pouch. Selain itu, daerah pouch akan terasa lebih  basah dan lebih lembab untuk mempermudah proses kelahiran anak sugar glider.
Pada masa setelah kawin, ada baiknya para pemilik untuk mengecek daerah pouch sugar glider dan mengecek perubahan kelembabannya. Jika memang ada perubahan yang cukup besar kemungkinan besar sugar glider hamil.
Nutrisi yang Direkomendasikan Untuk Sugar Glider Hamil
Sama seperti manusia, pada saat hamil sugar glider membutuhkan asupan nutrisi tambahan dan gizi yang cukup untuk kesehatan induk betina dan bayinya. Sudah menjadi tanggung jawab para pemilik untuk memperhatikan gizi sugar glidernya yang tengah hamil.


Sebenarnya, tidak terlalu sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sugar glider yang sedang hamil. Makanan sugar glider yang biasa bisa diberikan namun perlu adanya variasi makanan untuk menambah nutrisi seperti sebagai berikut:


1. Pemberian Buah Serta Sayuran
Buah serta sayuran dibutuhkan sugar glider sebagai pelengkap dan tambahan nutrisi. Buah dan sayuran memiliki vitamin dan zat alami yang bisa mendukung kesehatan dan kelahiran bayi sugar glider.


2. Pemberian Serangga dan Makanan Pendamping Khusus
Makanan berupa serangga bisa menjadi pilihan bagus juga karena banyak membantu kalium yang baik untuk kesehatan janin sugar glider. Banyak juga makanan pendamping khusus sugar glider yang sedang hamil yang bisa para pemilik beli.


Itulah berbagai ciri ciri sugar glider hamil yang mudah untuk dikenali. Selain itu ada juga informasi mengenai nutrisi yang dibutuhkan sugar glider. Untuk itu, bagi pemilik perlu untuk mengetahui beberapa ciri yang ada ketika sugar glider hamil.

Diberdayakan oleh Blogger.