Kids Zaman Now - Money Oriented

Maret 26, 2022


 

Beberapa tahun lalu, semenjak 2008, di setiap tahunnya, gw rutin diminta untuk isi seminar/webinar dan juga sharing paengalaman sebagai photographer profesional, terutama tentang bagaimana photographer mendapatkan project - project yang dikerjakan sekarang ini. Juga bagaimana menjaga project tetap kita handle dengan baik bahkan diminta bocoran-bocoran bagaimana Pappoto Photography menjalankan setiap projectnya dimulai dari A sampai Z.

Namun, ada yang dirasa aneh di setiap gw ngisi sesi, di beberapa tahun belakangan, kalo di tahun-tahun awal dulu rata-rata pertanyaan seputar bagaimana mereka bisa dapatkan portofolio, atau bagaimana memulai sebagai profesional photographer, ataupun kemana kalau harus belajar skill photo secara spesifik. Nah, kalo anak zaman sekarang lebih fokus ke bagaimana untuk ikutan pitching, bagaimana penghasilan itu didapat atau pengalaman seru apa aja kalau kita menjadi official photographer. 

Ada perbedaan yang agak signifikan, dimana anak-anak zaman 8-10 tahun lalu sibuk bertanya untuk membuat diri mereka "pantas" untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, namun anak sekarang terkesan lebih "stil yakin" dengan kemampuan mereka dan seakan langsung bisa kalau diberi tanggung jawab project besar, lebih mikir uang ketimbang bagaimana proses sehingga dirinya beneran "pantas". Padahal tanpa mereka sadari, kalau mereka menghandle project dengan sembrono di awal karir, itu hanya akan "menutup" jalan mereka dikemudian harinya.

Pertanyaan - pertanyaan yang terkesan "stil yakin" dari beberapa anak seperti ini biasanya kujawab dengan "kamu sudah bisa kasih hasil apa? sehingga merasa pantas mendapatkan project tersebut, kamu sudah mampu atau belum?". Karena percayalah, kerjaan atau project biasanya gw dapetin bukan dari ikutan pitching atau tender, tapi karena diminta client atau event untuk pegang project mereka karena mereka sudah tau dengan hasil kerja dan attitude kita dan tim. Malah ada beberapa project yang tendernya itu hanya formalitas, tapi projectnya sudah pasti akan di pegang sama Pappoto hehehe..

Diberdayakan oleh Blogger.